Ferry Mursyidan Baldan : Merdeka Itu Di Mana Rakyat Tidak Tertekan

INDOPOS.CO.ID – Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang dikabinet kerja Jokowi, Ferry Mursyidan Baldan menyampaikan arti kemerdekaan Indonesia yang sudah 72 tahun berdiri ini. Menurutnya, negara tidak boleh menjadikan masyarakat terkekang.

“Semestinya kan negara ini berfungsi menjadi fasilitator,” ucap Ferry usai menjadi Inspektur Upacara Proklamasi 17 Agustus yang digelar KAHMI Forever Jalan Sehat (KFJS) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2017).

Ferry yang juga pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009 – 2014 melihat dinamika kebangsaan Indonesia saat ini sedang bergejolak dengan berbagai upaya yang cenderung melemahkan demokrasi itu sendiri.

Dia mengatakan bahwa apabila negara ingin mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial masyarakat seluruh elemen bangsa harus terlibat, baik sumber daya manusianya maupun sumber daya alamnya yang melimpah ruah.

“Berkembangnya negara itu seluruh kemampuan negara harus mempunyai pikiran dan prasangka baik kepada warganya,” katanya.

Dia kemudian menjelaskan karena semua hal yang dilakukan itu adalah sesuatu yang dia maknai, dia menerjemahkan arti kemerdekaan itu.

Terkait dengan adanya pelanggaran maupun adanya penyimpangan yang dilakukan oleh warga maupun kelompok masyarakat, harusnya diserahkan pada yang berewenang.

“Kalau ada yang menyimpang itu urusanya aparatur negara, kita punya Polisi punya TNI,” tandasnya.

Selanjutnya dalam moment ini Ferry mengajak semua warga negara untuk bersyukur dan merenung.

“Apa yang harus dan bisa kita lakukan untuk bangsa,” pungkasnya. (jaa)

Editor : Syahrir Lantoni

Sumber : http://nasional.indopos.co.id/read/2017/08/17/107268/Ferry-Mursyidan-Baldan-Merdeka-Itu-di-Mana-Rakyat-Tidak-Tertekan

 

Berita Terbaru