Ngabuburit Sambil Urus Sertifikat Tanah

Jakarta  – Sepanjang bulan suci Ramadhan, warga Banten dan sekitarnya dapat menghabiskan waktu akhir pekan untuk mengurus sertifikat sambil menunggu waktu berbuka di AEON Mall BSD City Tangerang. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang Sudaryanto mengatakan 7 Kantor Pertanahan Wilayah Banten Raya akan membuka Ngabuburit Service setiap Sabtu dan Minggu sepanjang bulan Juni 2016. “Ini wujud lain dari Layanan Sabtu Minggu, jika biasanya dibuka di kantor pagi hari, pada bulan puasa kami layanan di mal. Masyarakat bisa mengurus sertifikat sambil ngabuburit di mal,” jelasnya melalui sambungan telepon Jumat (10/5).

Ketujuh kantor pertanahan yang berpartisipasi antara lain Kantor Pertanahan Kota tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Ngabuburit Service akan dibuka pada pukul 14.00 hingga 17.00 dan berlokasi di areal luar dekat lobi Utama AEON Mal BSD.

Selain membuka layanan informasi dah konsultasi, juga dibuka 4 (empat) jenis layanan yakni peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) ke Hak Milik untuk jenis Rumah Sangat Sederhana, Penghapusan Hak Tanggungan / Roya, Pengecekan Sertifikat Hak atas tanah dan Pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT). Sudaryanto menjelaskan layanan yang tersedia memang dikhususkan untuk layanan yang tidak membutuhkan proses panjang dan akan selesai pada hari yang sama (one day service). “Sekitar 5 orang petugas akan siap melayani masyarakat di lokasi, dibantu 2-3 staf yang berjaga di Kantor Pertanahan untuk proses kroscek arsip buku pertanahan menggunakan video conference,” jelasnya.

Untuk itu Sudaryanto menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini, karena berada di lingkungan mal, masyarakat bisa mengajak seluruh keluarga sambil mengurus sertifikat tanah. “Karena hari libur, ini bisa jadi acara keluarga, rekreasi sambil mengurus tanah dan menunggu waktu berbuka,” kata dia.

Sumber : http://www.bpn.go.id/Berita/Siaran-Pers/ngabuburit-sambil-urus-sertifikat-tanah-63277

Berita Terbaru