Kementerian Agraria genjot inovasi pelayanan melalui pameran

Kita upayakan mencari inovasi melalui pelayanan agar memudahkan dan mendekatkan masyarakat mengurus pertanahan

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI menggenjot berbagai inovasi pelayanan kepada masyarakat salah satunya melalui pameran hingga mendapatkan penghargaan dari Apkasi Internasional Trade Investment Summit Series (AITISS) 2016

“Kita upayakan mencari inovasi melalui pelayanan agar memudahkan dan mendekatkan masyarakat mengurus pertanahan,” kata Menteri ATR/Kepala BPN RI Ferry Mursyidan Baldan saat meninjau pameran AITISS di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN RI juga pernah meraih penghargaan “Best Performance” pada Pameran Agrinex di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat pada April 2016.

Ferry memastikan pemerintah harus hadir di tengah masyarakat guna melayani secara prima dan tanpa kesulitan.

Kementerian ATR/BPN RI mengikuti pameran AITISS yang berlangsung selama libur panjang pada 5-7 Mei 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat.

Pameran AITISS merupakan kegiatan yang menampilkan potensi dari berbagai sektor yang tersebar guna mendukung peningkatan investasi di seluruh Indonesia.

Kementerian ATR/BPN RI membuka pelayanan yang diwakili 13 kantor se-Jabodetabeka dengan jenis layanan seperti Pengecekan Sertifikat, Penghapusan Hak Tanggungan dan Peningkatan Hak.

Pada kesempatan itu, Menteri Ferry mendatangi setiap konter Kantor BPN dan menyapa pemohon layanan pertanahan di daerah melalui teknologi “video call”.

Seorang warga asal Serpong Tangerang Selatan Banten Sonhaji (36) menyambut rencana pihak kementerian ATR yang akan memudahkan pelayanan antarwilayah di Jabodetabeka.

“Mungkin ke depan pelayanan dapat dilakukan di mana saja seperti di Serpong bisa dilakukan di wilayah Jakarta,” tutur Sonhaji.

Sonhaji mengaku petugas BPN membantu layanan Penghapusan Hak Tanggungan (Roya) dalam waktu relatif cepat.

Kementerian di bawah kepemimpinan Ferry itu menampilkan dan menyampaikan informasi terkait kemudahan pelayanan kepemilikan hunian bagi orang asing di Indonesia, penyelenggaraan tata ruang dan membangun daerah melalui Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Editor: Ruslan Burhani

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/559397/kementerian-agraria-genjot-inovasi-pelayanan-melalui-pameran

Berita Terbaru